Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 64 Seruan Ahlul Kitab
Jumat, 28 Oktober 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 64 – Seruan Ahlul Kitab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 1 Rabi’ul Akhir 1444 H / 27 Oktober 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 64 – Seruan Ahlul Kitab

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَىٰ كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِّن دُونِ اللَّهِ ۚ فَإِن تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

“Katakanlah: ‘Wahai Ahli Kitab, marilah kepada kalimat yang sama antara kita dengan kalian, bahwa kita tidak beribadah melainkan kepada Allah dan kita tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun dan sebagian kita tidak mengambil sebagian yang lain sebagai tandingan selain Allah.’ Apabila mereka berpaling, maka katakanlah: ‘Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang menyerahkan dirinya.`” (QS. Ali ‘Imran[3]: 64)

Orang-orang yang disifati Ahlul Kitab adalah Yahudi dan Nasrani. Hal ini karena tidak ada kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala yang masih masih nampak bekasnya kecuali dua kitab ini, yaitu Taurat dan Injil. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para RasulNya, tapi yang masih ada atsarnya adalah Taurat dan Injil. Padahal sebenarnya Allah Subhanahu wa Ta’ala tidaklah mengutus seorang Rasul kecuali membawa kitab. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ…

“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa keterangan-keterangan yang jelas dan Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab…” (QS. Al-Hadid[57]: 25)

Dalam surah Ali Imran ayat 64 ini Allah perintahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyeru kepada Ahlul Kitab.

Allah perintahkan Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyeru Ahlul Kitab kepada kalimat yang adil ini. Dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyampaikannya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menulis surat kepada Raja Heraklius agar memeluk Islam.

Apa saja faedah dari ayat ini? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52309-tafsir-ali-imran-ayat-64-seruan-ahlul-kitab/